News

Kenapa Mobil Baru Perlu di-Coating

Banyak pertanyaan kenapa mobil baru sekarang perlu di-coating atau dilapisi atau di-nano ceramic atau di paint protection. Salah satu jawaban terbaik adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan paling umum yang diajukan oleh mereka yang hendak coating mobil nya.

Berikut adalah artikel yang kami dapatkan dari Web (revisi aslinya dari https://autokilap.com/10-pertanyaan-umum-tentang-coating-mobil/) yang kami tambah dan kurangi sedikit menurut pengalaman dan pengetahuan dari kami.

 

1. Apakah setelah di coating mobil saya menjadi anti gores ?
Tidak. Well …  Sebenernya kata-kata anti memiliki arti tidak mungkin tergores. Apabila itu adalah pertanyaan anda, maka jawabannya adalah tidak. Namun produk coating memberikan eksta layer atau lapisan yang bisa mengurangi resiko tergores atau swirl pada mobil anda. Dan semakin tebal lapisan clear coat dari cat, semakin susah baret mem-penetrasi sampai ke cat dasar mobil sehingga memberi efek seakan baret mobil tidak meninggalkan bekas. Coating tambahan mempertebal clear coat dan memberi lapisan yang lebih keras dari cat orisinil serta karakter yang sebelumnya tidak dimiliki clear coat seperti hydrophobic dan anti UV.

2. Bagaimana dengan jamur? apakah mengurangi jamur?
Sangat Mengurangi .. coating akan memberikan perlindungan lebih terhadap jamur (waterspots) yang di sebabkan sisa mineral pada air yang mengering, getah atau cairan lainnya. Di karenakan coating memiliki partikel nano yang pada sebagian besar produk coating menyebabkan efek daun talas atau hydrophobic, tentu makin sulit cairan bisa menempel pada coating sehingga proses pembentukan jamur bisa jauh diminimalisir.

Di karena-kan jamur dan baret halus adalah musuh utama permukaan mobil di iklim tropis, maka coating akan sangat membantu membantu.

Ingat! Coating mobil tidak ada yang bisa membersihkan mobil sendiri. Dengan memiliki lapisan coating pada mobil anda, anda tetap harus merawat secara reguler, seperti mencuci disaat kotor. Coating mobil akan mempermudah anda dalam hal perawatan mobil seperti contoh, kotoran yang harusnya menjadi noda yang sulit dibersihkan seperti kotoran burung, akan menjadi lebih mudah di hilangkan hanya dengan shampoo mobil atau dengan air.

3. Kalau memang bagus kenapa perusahaan pembuat mobil tidak menyertakan coating pada produknya secara default?
Setiap perusahaan tentu ingin menjual produknya semurah mungkin kepada customernya. Dengan memberi coating tambahan pada cat maka harga mobil akan meningkat sehingga harga jual mobil bisa tidak kompetitif.

Ibarat kenapa produsen sepeda motor tidak menyertakan kunci roda pada motor baru. Atau kalau perawatan jok dengan kulit itu lebih mudah daripada kain kenapa tidak semua mobil diberi jok kulit. Coating merupakan extra option untuk konsumen yang peduli tentang kekilapan dan estetika mobil serta keindahan kilap cat mobilnya.

4. Apa perbedaan merek coating mobil satu dan lainnya?
Untuk itu anda harus melakukan konsultasi dengan pihak salon mobil anda. Di karenakan tentu setiap produsen produk ingin memiliki perbedaan lain yang lebih bagus dibanding produk lainnya. Jadi setiap produk coating tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. TEVO mengunggulkan kekilapan yang konsisten, proses aplikasi yang cenderung mudah dan sangat cocok untuk iklim tropis dengan kekerasan lapisan 2 layer atau lebih yang mendekati 9H.

5. Apa saya bisa melakukan coating mobil sendiri?
TENTU BISA, namun ada baiknya Anda menyerahkan kepada ahlinya atau professional detailer. Untuk hasil coating yang baik dibutuhkan proses poles terlebih dahulu pada cat untuk mengangkat kotoran, residu atau oksidasi. Anda tentu tidak mau kotoran tersebut tertinggal di bawah permukaan coating dan tidak bisa dibersihkan.

Dan tergantung produk coating itu sendiri, ada yang membutuhkan banyak step sebelum coating di pakai dan ada yang hanya butuh permukaan yang bersih.

6. Mobil saya baru, apa perlu di coating?
Kami sarankan YA! dengan kondisi mobil baru yang mulus dan tanpa baret, tentu lapisan coating akan menjadikan kilap mobil anda menjadi tahan lama (baru terus). Apalagi dengan perawatan yang akan jauh lebih mudah dan harga mobil yang pastinya akan jauh lebih tinggi saat dijual nanti karena terlihat masih sangat terawat.

7. Saya tidak mau coating, apakah cat mobil saya akan tahan lama kilaunya?
Ya dan tidak. Tergantung bagaimana Anda merawat mobil anda. Idealnya mobil yang tanpa coating harus sering diberi lapisan Wax dan mengikuti standarisasi pencucian yang benar untuk menghindari baret-baret pengelapan. Apalagi bila mobil sering dijemur maka warna cat akan cenderung mudah berubah (terutama mobil warna cerah).

8. Kok mahal ya?
Mahal sangatlah relatif tergantung cara pandang Anda. Tapi kami di TEVO percaya bahwa aplikasi coating untuk melindungi aset mobil yang harganya ratusan juta hingga milliaran sebenarnya sangat murah karena memastikan bahwa saat dijual nanti pasti nilainya berbeda dengan mobil yang sama tapi tidak terawat catnya.

9. Berapa lama daya tahan coating?
Hal tersebut adalah tergantung dengan produk itu sendiri, silahkan konsultasikan dengan salon mobil tentang hal itu. Namun apabila anda ingin menggunakan jasa coating mobilautokilap.com, maka itu akan bertahan selama 3 tahun tanpa anda perlu coating lagi selama itu.

10. Apakah TEVO memerlukan maintenance coating?
Ya. Mungkin anda bertanya kenapa harus masih di maintenance? kilap permukaan mobil akan sangat tergantung dengan bagaimana Anda memakai dan merawat mobil tersebut. Para detailer TEVO tahu bahwa konsumen butuh lebih dari sekedar kilap, tapi juga ingin mobil selalu bebas aspal, bebas jamur dan bersih dari baret-baret halus. Karena itu kami memiliki step dan coating khusus untuk membersihkan coating TEVO dan melapisinya lagi dengan softer coating supaya efek daun talasnya terus terjaga dan mobil kembali tip top.

Untungnya maintenance di TEVO tidak perlu di poles sehingga cat tidak semakin habis tapi justru semakin tebal.

TEVO Indonesia